Nge-Blog di smartphone Android sangat praktis menurut pendapat saya, kita dengan mudah meng-update blog dimana saja.

4 Aplikasi Wajib Untuk Nge-Blog di Smartphone Kalian

walaupun kadang merasa tidak nyaman dalam membuat artikel dengan layar yang kecil, tapi dengan kemudahan update kekurangan seperti itu bukan masalah.

Nge-Blog di smartphone bisa langsung menggunakan aplikasi Blogger, tapi aplikasi ini masih belum sempurna terlalu banyak kendala menggunakan aplikasi ini.

Dengan banyak kendala tersebut, saya mencari solusi terbaik agar Nge-blog saya lancar. Maka saya menggunakan aplikasi yang berbeda dari setiap menulis artikel, memodifikasi template dan mengedit gambar/foto.

Aplikasi yang saya instal di smartphone Android untuk memudahkan saya Nge-blog seperti aplikasi Office, Edit HTML, Edit Gambar/Foto dan aplikasi lainnya.

Untuk mendapatkan aplikasi seperti yang saya sebutkan di atas sangat mudah dan banyak pilihan di Google Play Store. Dan jika kalian penasaran dengan aplikasi yang saya gunakan untuk mendukung saya Nge-blog di smartphone adalah sebagai berikut:

1. WPS Office


Mengapa saya sarankan menginstal aplikasi WPS office karena aplikasi ini sangat luar biasa menurut saya. Aplikasi simpel dan tidak mengambil banyak kapasitas memori smartphone.

Memang banyak aplikasi Office di Play Store seperti Microsoft Word, Polaris Office, SmartOffice, Office Word dan aplikasi lainnya. Jika menurut kalian aplikasi yang barusan saya sebutkan telah di instal pada smartphone kalian itu juga tidak apa-apa, jika kalian nyaman menggunakannya.

Saya menyarankan aplikasi WPS Office, karena aplikasi ini simpel banget dan memiliki fitur yang sangat lengkap. Selain itu juga aplikasi ini mempunyai fitur auto save, jadi tidak perlu takut kehilangan artikel kita apabila saat kita membuat artikel habis baterai atau keluar dari aplikasi.

Note: Setelah saya selesai membuat artikel menggunakan WPS Office, saya Copy Paste ke Blogger yang di buka melaui browser.

2. Quick Edit


Aplikasi ini juga sama simpelnya dengan WPS Office dan tidak mengambil banyak kapasitas pada smartphone. Selain itu tidak berat ketika saya melakukan modifikasi pada template blog.

Memang pada saat kita selesai melakukan modifikasi kita harus meng-upload ulang ke blogger, tapi ini cara mudah untuk memodifikasi template melalui smartphone.

Karena jika melakukan modifikasi template pada aplikasi blogger atau melalui blogger dengan menggunakan browser itu akan sangat berat saat prosesnya, akan banyak error dan scroll tersendat sehingga modifikasi yang dilakukan tidak maksimal.

3. PicsArt


Aplikasi ini memiliki fitur yang sangat lengkap dalam mengedit foto atau gambar, mulai dari crop/memotong gambar, membuat tulisan dalam gambar dan banyak lainnya.

Aplikasi ini memudahkan saya untuk mengedit gambar yang akan di upload pada artikel blog. Cara kerja aplikasi ini hampir sama dengan aplikasi Photoshop tapi fitur yang disediakan melebihi aplikasi Photoshop.

4. Photo Resizer


Aplikasi ini tidak kalah penting dengan aplikasi yang saya sebutkan sebelumnya, karena aplikasi ini sangat penting untuk mengatur besar kecilnya ukuran gambar yang akan saya upload pada artikel blog.

Jika kita meng-upload gambar dengan ukuran yang cukup kecil dengan kualitas gambar yang bagus maka akan membantu kecepatan blog kita saat di kunjungi pengguna internet.

5. Image Converter


Aplikasi terakhir ini untuk merubah jenis file foto, hampir sama kegunaannya dengan aplikasi Photo Resizer yaitu untuk membantu kecepatan loading blog.

Aplikasi ini bisa merubah jenis file gambar dari yang asalnya .jpg, .png dan .jpeg ke webp atau pun sebaliknya.

Saya memiliki aplikasi ini untuk merubah semua jenis file gambar ke webp, karena jenis file gambar ini merupakan rekomendasi dari Goggle sendiri. Setelah saya coba memang benar hasil gambar dengan menggunakan jenis file ini sangat bagus dengan ukuran gambar yang kecil.

Nah, itu saja yang bisa saya share tentang aplikasi yang harus kalian punya jika ingin Nge-blog di smartphone. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menjadikan kita blogger yang rajin memposting artikel yang bermanfaat untuk pengguna internet.

Post a Comment