6 Cara Tepat memperbaiki kartu SD Rusak dan Tidak Terbaca - Punya kartu memori hp tapi tidak terbaca? Jangan khawatir, kita dapat mengembalikan file dengan memperbaiki kartu SD (dengan mudah tanpa ribet)!

Apabila memori internal yang kita pakai di smartphone tidak cukup, Anda juga dapat menambahkan memori eksternal dengan menggunakan kartu SD atau bisa disebut juga dengan SD card.

Namun, media penyimpanan seperti SD card tentu tidak akan terus berjalan dengan baik, pasti selalu ada masalah yang terjadi, mulai dari tidak terbaca, data korup dan banyak lagi.

Untuk memperbaiki masalah seperti ini, saya memiliki 6 cara untuk memperbaiki kartu SD card yang rusak, mudah dan efisien untuk kita coba!

kartu SD pada saat ini hadir dengan berbagai macam jenis, mulai kecepatan dan kapasitas memori bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita. Mulai dari 4 GB hingga 512 GB yang sudah tergolong cukup besar untuk sebuah kartu SD.

Dengan kebutuhan akan kartu SD dan kita selalu menambah penyimpanan sampai maksimum, akan membuat kartu SD kita tidak terbaca san rusak sehingga menggangu pekerjaan kita, terutama jika semua data, foto dan video kita tersimpan di dalamnya.

Daripada kita bingung untuk mengatasinya, saya telah merangkum bagaimana cara memperbaiki kartu SD yang tidak terbaca.

1. Bersihkan Kartu Memori


Ketika kartu SD tidak dapat dibaca atau tidak terdeteksi ketika dimasukkan ke dalam smartphone, langkah pertama yang dapat kita lakukan adalah membersihkan konektor yang tersedia.

Dengan cara ini kita dapat memperbaiki kartu SD tanpa harus memformatnya. Buat cara jelasnya lakukan langkah-langkah berikut:

  • Lepaskan kartu SD dari perangkat yang Anda, seperti smartphone, kamera dan actioncam.
  • Kemudian bersihkan lempengan tembaga (yang berwarna kekuningan), yang berfungsi sebagai konektor dengan penghapus. Gosok perlahan sampai dirasa telah bersih.
  • Jika poin di atas telah dilakukan, pasang kembali ke perangkat yang anda gunakan dan pastikan kartu SD yang bermasalah, telah terbaca atau tidak.

2. Cobalah kartu SD ke Perangkat Lain


Langkah lainnya yang lebih mudah untuk mengetahui kartu SD rusak apa tidak yaitu dengan memasang kartu SD ke perangkat lain. Hal ini tentu bisa mendeteksi, apakah benar-benar terjadi kerusakan pada kartu SD atau kerusakan pada konektor smartphone kita.

Jika telah memeriksa kartu SD dan terjadi kerusakan, maka cobalah poin di bawah untul memeperbaiki.

3. Periksa via PC / Laptop


Kita juga dapat melakukan pengecekan melalui PC atau laptop untuk melihat apakah kartu SD dalam kesulitan atau tidak.

Metode ini juga dapat dilakukan untuk memperbaiki kartu SD yang tidak dapat di format. Untuk langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:


4. Cek Error Melalui PC/Laptop


Lalu kamu pun juga bisa terlebih dahulu melakukan pengecekan error melalui PC atau laptop, untuk melihat apakah kartu SD kamu bermasalah atau tidak.

Cara ini juga yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki memory card yang tidak bisa di-format loh. Untuk langkah-langkahnya, kamu bisa ikuti sebagai berikut.

  • Pertama masukkan kartu SD ke dalam smartphone dan hubungkan ke PC / laptop menggunakan kabel data.
  • Jika telah terhubung, ubah mode Media transfer (MTP) ke mode Mass Storage mode (MSC).
  • Kemudian buka Explorer (Windows + E) dan klik kanan pada kolom drive kartu SD. Pilih Properties dari menu> Tools> Error Checking dan tunggu sampai proses selesai.
  • Kemudian lepaskan/eject setelah proses selesai dan cek apakah kartu SD kembali berjalan normal atau tidak.

5. Format Kartu SD Melalui Smartphone


Jika Anda sudah putus asa dan tidak terlalu peduli dengan data Anda, Anda hanya perlu memformat kartu SD untuk kembali ke normal dan dapat digunakan kembali.

Metode pertama dan tentu cara termudah yang dapat dilakukan yaitu format melalui smartphone langsung tanpa perlu aplikasi tambahan.

Untuk caranya ikutin langkah di bawah ini.

  • Pastikan kartu SD terhubung dengan smartphone. Lalu pilih dan klik menu setting>Storage>portable storage dan pilih drive kartu SD yang anda gunakan.
  • Pilih menu setting storage> Format> erase dan Format. Tunggu sampai proses selesai dan pilih Done.
  • Akhirnya, cek langsung kartu SD sudah diformat dan kembali normal.
  • Catatan: Format Langkah kartu SD pada Android HP mungkin berbeda untuk setiap smartphone. Tapi secara umum, langkahnya hampir sama seperti di atas.

6. Format Melalui PC / Laptop


Masih error meskipun telah diformat smartphone? Jangan khawatir! Masih ada cara lain.

Selain kartu SD bisa diformat melalui smartphone, katu SD juga dapat diformat melalui PC / laptop untuk hasil yang paling baik  dan sempurna. Berikut caranya:

  • Hubungkan kartu SD menggunakan pembaca kartu dan tunggu sebentar agar terhubung. Jika ada masih tetap data, backup terlebih dahulu data pada PC / laptop.
  • Kemudian buka Explorer (Windows + E) dan pilih drive SD card. Klik menu Format dan pilih.
  • Setelah itu, tunggu sampai proses selesai. Jika sudah selesai simpan kembali data pada kartu SD dan pastikan kartu SD  dapat digunakan atau tidak.

Cukup mudah bukan, cara mudah memperbaiki  SD rusak dan tidak terbaca beserta langkah-langkah lengkapnya. Jika memang belum berhasil, coba ulangi langkah-langkah diatas!

Post a Comment