Memang Aplikasi satu ini bisa bikin ketagihan apalagi buat kalian yang suka update di SosMed, kamu tahukan aplikasi Instagram. Kamu tahu tidak, ada fitur terbaru dari Instagram? Jika kamu sudah tahu, pasti kamu tunggu-tunggu berita terbaru ini, tentang cara mengaktifkan Instagram Dark Mode.

Cara Aktifkan Aplikasi Instagram Dark Mode di iOS dan Android
Instagram dengan mode gelap

Baru-baru ini Instagram telah resmi mengeluarkan fitur baru yaitu dark mode atau mode gelap untuk aplikasi yang ada platform iOS. Fitur ini dihadirkan untuk mengikuti jejak dari produsen smartphone terbaik yaitu Apple yang telah memperkenalkan fitur dark mode di iOS 13.

Fitur dark mode di Instagram sangat di tunggu-tunggu oleh penggunanya karena selain tampilan yang baru berupa latar belakang berwarna hitam dan teks berwarna putih. Fitur ini juga bisa menghemat baterai dan membuat mata pengguna Instagram lebih nyaman ketika scrolling stroy teman-teman.

1. Cara Mengaktifkan Instagram Dark Mode di iPhone


Dilansir oleh PT (Penerapan Tutorial) dari The Verge, Selasa (8/10/2019) Instagram tidak menyediakan tombol khusus dalam aplikasinya untuk mengaktifkan dan menonaktifkan fitur dark mode. Tapi jangan terlalu khawatir, masih ada cara untuk mengaktifkan dark mode di aplikasi Instagram untuk iOS:

1. Pastikan iPhone Menggunakan iOS 13


Fitur dark mode di Instagram untuk iOS bisa diaktifkan apabila perangkat iPhone sudah mendukung fitur dark mode system wide yaitu pada sistem operasi iOS 13. Jadi pastikan iPhone kalian telah terupdate dengan sistem operasi terbaru iOS 13.

2. Aktifkan Instagram Dark Mode di iPhone


Apabila iPhone kalian sudah menggunakan sistem operasi paling terbaru ini, aktifkan mode gelap di perangkat. Caranya cukup mudah, kalian masuk ke Settings, kemudian Display dan pilih opsi Dark Mode.

3. Unduh atau Update Aplikasi Instagram ke Versi Terbaru


Setelah fitur dark mode di perangkat aktif, pastikan kalian sudah menginstal aplikasi atau mengupdate Instagram versi terbaru yang bisa kalian unduh di App Store Apple

4. Buka Aplikasi Instagram


Setelah proses instalasi atau update selesai, buka aplikasi Instagram di iPhone kalian maka tampilan aplikasi akan secara default berubah menjadi dark/gelap. Jika ingin mengubahnya jadi 'mode normal' kalian hanya perlu menonaktifkan mode gelap langsung di pengaturan iPhone.

2. Cara Mengaktifkan Dark Mode di Android


Untuk pengguna Android tidak perlu khawatir, kalian juga sudah bisa nikmatin fitur dark mode di Instagram. Tapi untuk saat ini fitur tersebut masih tahap uji coba beta. Apabila kalian ingin coba, cukup ikutin cara aktifkan dark mode Instagram di Android:

1. Pastikan Ponsel Telah Mendukung Mode Gelap


Untuk bisa menggunakan dark mode Instagram di ponsel Android, pastikan ponsel kalian telah menggunakan sistem operasi Android 10. Karena Android 10 telah mendukung fitur dark mode system wide/mode gelap.

Tapi jika ponsel kalian telah menggunakan skin atau antarmuka yang mendukung dark mode/mode gelap seperti One UI dari Samsung, kalian juga bisa menggunakan dark mode/mode gelap di aplikasi Instagram.

2. Mengaktifkan Instagram Dark Mode/Mode Gelap di Ponsel


Jika ponsel kalian sudah menggunakan sistem operasi Android 10, aktifkan mode gelap di ponsel. Caranya masuk ke Settings, kemudian Display, setelah itu pilih opsi Night Mode dan aktifkan.

3. Bergabung dengan Uji Coba Beta


Karena fitur ini tergolong baru tersedia dalam versi beta, maka kalian harus bergabung untuk mengikuti uji coba beta. Untuk caaranya cukup buka Google Play Store dan cari aplikasi Instagram.

Kemudian klik halaman Instagram di Google Play Store dan scroll ke bawah hingga menemukan opsi Join the Beta. Klik Join dan tunggu beberapa saat.

Perlu diingat bahwa beberapa aplikasi membatasi jumlah orang yang bisa mengikuti uji coba beta. Jika tidak ada slot lagi, maka kalian akan melihat pesan yang mengatakan bahwa slot sudah penuh.

4. Instal Instagram Versi Beta


Jika kalian telah berhasil bergabung dalam uji coba beta, langkah berikutnya adalah mengunduh Instagram dalam versi beta. Setelah proses instalasi selesai, aplikasi Instagram akan secara default tampil dengan dark mode/mode gelap.

Nah, hanya segitu saja penjelasan mengenai Cara Aktifkan Instagram Dark Mode di iOS dan Android. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda dan terima kasih kunjungannya.

Post a Comment